Android Mulai Menguasai Dunia

Berdasarkan laporan terbaru dari ABI Research, Apple saat ini masih menguasai pangsa pasar tablet pada kuartal lalu. Produk iPad buatan Apple menguasai 55% pangsa pengiriman di periode tersebut. Namun begitu pangsa ini merupakan yang terkecil dibandingkan periode-periode sebelumnya dikarenakan faktor munculnya tablet-tablet Android.

Pangsa 55% yang dicatatkan iPad di kuartal lalu merupakan penurunan sebesar 14% dari periode sebelumnya. Sementara itu tablet Android mampu mencatatkan pangsa menjadi 44% di saat yang sama. Jika tren ini berlanjut maka diprediksi dominasi Apple yang telah bertahan sejak tahun 2010 akan ditumbangkan oleh tablet Android di tahun 2013 mendatang, sesuatu yang dianggap mustahil tercapai ketika dilihat di tahun 2010 dan 2011 lalu.

Segera setelah perkenalan iPad di tahun 2010 sebenarnya telah muncul prediksi bahwa tablet Android akan mengalahkan iPad seperti halnya smartpone Android mengungguli iPhone. Namun demikian dalam prediksi tersebut hal itu baru akan terjadi di tahun 2015 atau 2016. Sementara itu Gartner pernah memperkirakan bahwa Apple akan menguasai 47% pangsa pasar pada tahun 2015 sementara tablet Android akan meraih pangsa 38%.

Penyempitan jarak pangsa pasar antara iPad dan tablet Android merupakan bukti dari peningkatan kualitas tablet Android yang tersedia di pasaran saat ini. Dimulai dari jajaran tablet Amazon Kindle Fire yang terjangkau, tablet Android 7 inci terus meraih pasar dengan kemunculan Google Nexus 7. Menurut ABI Research, Samsung juga menunjukkan kinerja yang kuat di segmen tablet.


Menurut ABI Research, upaya Apple dengan memperkenalkan iPad mini tidak memiliki dampak besar terhadap penjualan tablet Apple secara keseluruhan. Walaupun begitu, penurunan pangsa pasar ini dipercaya tidak akan memiliki dampak negatif terhadap kinerja finansial Apple. Apple saat ini diketahui masih meraup keuntungan terbanyak di pasar smartphone melalui iPhone meskipun smartphone dengan OS Android telah menguasai dunia.

via Techcrunch, ABI Research

Tinggalkan komentar