Harga iPhone 5 mahal?

Apple memang terkenal mengeluarkan smartphone dengan harga premium. Ketika iPhone 5 masuk ke Indonesia pun demikian, tapi sayang jika dihitung-hitung hasilnya, harga ponsel cerdas ini masuk dalam kategori ‘kelas atas’.

Harga iPhone 5 versi 16 GB tanpa kontrak mencapai USD 649 atau Rp 6,25 juta (USD 1 = Rp 9.620). Sedangkan menurut sumber, iPhone 5 dengan kapasitas yang sama di Indonesia dijual Rp 8,1 jutaan.

Memang, di situs Apple, harga tersebut sebelum pajak dan sebagainya. Tapi, tetap saja menimbulkan pertanyaan, mengapa sampai selisih perbedaannya cukup besar.

Berbeda dengan negara yang menganut sistem penjualan device secara bebas, seperti Indonesia. Dimana operator tidak ‘bermain’ langsung dalam penjualan handset.

Di Telkomsel sendiri, pelanggan bisa memilih paket harga bundling yang ditawarkan. Telkomsel menawarkan 4 paket bundling. Harga awal termurah yang ditawarkan adalah Rp 1,29 juta untuk iPhone 5 versi 16GB.

Namun tunggu dulu, pengguna harus membayar biaya bulanan selama 12 bulan. Di mana setiap bulan jumlah yang dibayarkan sebesar Rp 900.000.

Dari hitungan tersebut, berarti pengguna akan membayar sejumlah Rp 1,29 juta ditambah angsuran selama setahun sejumlah Rp 10,8 juta. Jadi total yang harus dibayar senilai Rp 12,09 juta.

Sedangkan harga termurah adalah iPhone 5 versi 16GB pada paket 1 yang uang mukanya sebesar Rp 5,09 juta. Ditambah setoran Rp 330 ribu per bulan selama setahun, maka jumlah yang dibayarkan saat lunas senilai Rp 9,05 juta.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s